Sejarah Permainan Badminton atau Bulu Tangkis

Asal Mula Permainan Bulu tangkis atau Badminton

Olah raga bulu tangkis muncul sekitar ribuan tahun yang lalu, di mana beberapa informasi menyebutkan bahwa olah raga ini berkembang di Negara Mesir Kuno. Namun ada pula yag menyebutkan olah raga ini berkembang dan sukses di negara cina. Bahkan, olahraga ini dulunya dimainkan tanpa menggunakan raket. Sehingga masyarakat keturunan nenek moyang tionghoa memainkanya dengan meggunakan kaki, sama seperti olah raga sepak takraw dan berusaha agar kok tidak sampai jatuh ke tanah.

Sejarah olahraga bulu tangkis memiliki cerita yang berbeda di Negara Inggris. Permainan bulu tangkis sangat digemari oleh anak-anak. Bulu tangkis di Inggris dimainkan dengan menggunakan alat seperti tongkat untuk memukul kok. Tujuanya adalah berusaha agar kok tidak jatuh ke tanah. Permainan ini di kenal dengan nama battledores. Olah raga ini menjadi aktivitas harian yang dlakukan di sepanjang jalan di London.


Hingga pada akirnya sekitar abat ke 19 seseorang Britania menambahkan hal baru dalam permainan ini dengan sebuah jaring sebagai pembatas daerah lawan. Sehingga permainan ini dimainkan berhadapan dan bersaingan. Kemudian dibawa kembali ke Inggris dan diberi nama badminton battledore. Tidak lama kemudian dibentuk sebuah asosiasi olah raga bulu tangkis pada tahun 1893. Debut pertamanya adalah dengan kejuaraan internasional yang dinamakan All England.

Pada tahun 1934 didirikan sebuah federasi yang dinamakan IBF ( International Badminton Federation ). Beberapa negara menjadi anggota pelopor yaitu Skotlandia, Wales, Denmark, Kanada, Selaia Baru, Perancis, Inggris, dan Irlandia. Kemudian pada tahun 1936, India bergabung dengan status afiliasi. Perubahan nama IBF menjadi BWF ( Badminton World Federation ) terjadi pada bulan september tahun 2006.

Cabang Olahraga Badminton

Olah raga bulu tangkis mask ke dalam daftar cabang olah raga Olimpiade pada tahun 1992 yang diselenggarakan di Barcelona. Pada Olimpiade twrsebut Indonesia berhasil meraih kemenangan dua mendali emas.
Terdapat lima partai yang dipertandingkan dalam cabang olah raga bulu tangkis, yaitu :
  1. Partai Tungga Putri
  2. Partai Tunggal Putra
  3. Partai Ganda Putri
  4. Partai Ganda Putra
  5. Partai Ganda Campuran
Sejarah Permainan Badminton atau Bulu Tangkis Sejarah Permainan Badminton atau Bulu Tangkis Reviewed by Mujiono on 9:21 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.