Teknik Dasar Melakukan Pukulan Voli Pada Permainan Tenis Lapangan

Pengertian Pukulan Voli Pada Olahraga Tenis Lapangan

Pukulan volley pada permainan olahraga tenis lapangan adalah suatu teknik pukulan yang dilakukan untuk memukul bola yang dilakukan sebelum bola memantul dilapangan, pukulan voli ini dilakukan dalam posisi menguntungkan untuk menyerang lawan dan mematikan pergerakan lawan sehingga lawan tidak bisa mengembalikan bola. Pukulan voli sendiri merupakan pukulan yang sangat sulit untuk dikuasai apalagi untuk seorang pemain tenis pemula karena untuk dapat menguasai teknik pukulan voli ini memerlukan konsentrasi tinggi atau fokus yang lebih serta reaksi yang harus cepat (agresif). 

Teknik Dasar Cara Melakukan Pukulan Voli Pada Permainan Tenis Lapangan

Pemain voli lapangan harus bisa menguasahi teknik ini, karena teknik ini sangat efektif untuk bisa mematikan pergerakan lawan. Adapun teknik atau cara melakukan pukulan voli dalam permainan tenis lapangan ini adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan posisi sikap tubuh anda sebagai berikut:
  • Untuk pukulan voli pegangan raket pada grip adalah continental. 
  • Untuk memperoleh titik keseimbangan yang baik, kaki direntangkan selebar bahu dan agak sedikit ditekuk. 
  • Gerakan tubuh secara rileks dan dinamis seperti penjaga gawang yang akan menghadang bola. Lakukan gerakan dengan menjinjit. 
  • Posisikan siku anda berada di depan badan dan peganglah raket diatas, atau setidaknya berada di atas pergelangan anda. 
  • Tangan yang tidak memegang raket (pasif) berfungsi sebagai penyeimbang, biasakan memposisikan tangan yang pasif tersebut dengan memegang leher raket.

http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html

2. Pada saat bola datang arahkan tangan dan tubuh anda menjemput bola, dengan diikuti langkah kaki.
http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html

3. Cara melakukan pukulan voli adalah dengan ayunan pendek. Yaitu bola yang datang dan berada di depan badan dipukul sehingga terjadi perpindahan berat badan ke depan. Anggap saja seperti melakukan pukulan jab dalam olahraga tinju, dimana pukulan yang dilakukan pendek namun menghasilkan momentum yang besar.


http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html

4. Ketika memukul bola gunakanlah pergelangan tangan anda, posisi raket agak terbuka, ayunan pendek dengan cepat dari atas ke bawah, lakukan seperti gerakan membacok sehingga memberikan efek spin pada bola.


http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html

5. Bagi seorang pemain lapangan tenis pemula yang baru belajar bermain tenis, bisa latihan pukulan voli yang sifatnya hanya memblock laju bola. Apabila sudah mencapai tahap konsistensi, anda dapat sedikit memberikan gerakan ayunan sehingga bola akan lebih menekan.

Gerakan pukulan voli yang baik adalah gerakan yang memukul dalam keadaan bergerak atau tidak diam (statis). Itu berarti dalam melakukan pukulan voli ini usahakan anda bergerak menjemput bola dengan bergerak ke depan atau diagonal. Lakukan pukulan bola ke arah yang anda inginkan, kemudian kembalilah ke posisi tengah untuk bersiap melakukan pukulan selanjutnya.
Teknik Dasar Melakukan Pukulan Voli Pada Permainan Tenis Lapangan Teknik Dasar Melakukan Pukulan Voli Pada Permainan Tenis Lapangan Reviewed by Mujiono on 11:04 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.