Sejarah Perkembangan Olahraga Futsal Secara Singkat

Pengertian Olahraga Futsal

Apa itu olahraga futsal? Futsal memang sudah tidak asing lagi bagi kita pada beberapa tahun ini. Karena olahraga ini sekarang banyak diminati oleh kebanyakan orang. Olahraga ini hampir mirip dengan sepak bola tetapi memiliki jumlah pemain yang lebih sedikit, selain itu ukuran lapangan yang digunakan pun juga lebih sempit dbandingkan dengan sepak bola. Futsal berasal dari bahasa Spanyol yakni Futbol dan Sala, gabungan dua kata itu mengandung arti sepak bola dalam ruangan. Menurut sumber informasi dari FIFA, futsal sudah dimainkan pertama kali di negara Uruguat dan diperkenalkan oleh Juan Carlos Ceriani yang menjadi pelatih sepak bola asal Argentina. 


Baca Juga: Teknik Mencetak Gol dalam Permainan Futsal

Perkembangan Olahraga Futsal

Berikut ini sejarah perkembangan olahraga futsal dari tahun ke tahun:

1. Pada tahun 1930
Permainan futsal pertama kali diperkenalkan di negara Uruguay dan sudah menyebar dan menarik perhatian di seluruh wilayah Amerika Selatan khususnya di Brasil. Salah satu bintang sepak bola Brasil, Pele mulai tertarik mengembangkan bakat futsal. Semenjak itu perkembangan futsal di Brasil semakin pesat dengan adanya perlindungan Federation Internationale de Football Association.
 
2. Pada tahun 1936
Dibuat kesepakatan mengenai penetapan aturan main futsal dan pada tahun tersebut futsal tidak memiliki banyak perubahan seperti sat ini.
 
3. Pada tahun 1950
Futsal mulai menyebar di Italia dan di Amerika Latin. Di Italia, futsal diperkenalkan pemain sepak bola dari Amerika Latin yang bermain di Seri A liga Italia. Di Italia sendiri futsal dimainkan pada saat para pemain sepak bola dalam keadaan senggang.
 
Baca Juga: Teknik Membangun Tim Futsal dan Metode Dalam Latihan Futsal

4. Pada tahun 1965
Pada tahun ini menjadi awal sebuah kompetisi bagi olahraga futsal dimana  pada tahun ini diadakan kompetisi internasional futsal pertama kali dan yang menjadi juaranya adalah Paraguay.
 
5. Pada tahun 1980 dan 1984
Brazil berhasil memenangi piala Pan Amerika dan diadakannya pertemuan futsal dari berbagai negara. Pertemuan tersebut membahas tentang membentuk satu organisasi untuk memfasilitasi futsal seluruh dunia bernama FIFUSA (The Federacao Internationale de Futebol de Salao / Federasi Futsal AS).
 
6. Pada tahun 1988
Even kejuaran futsal sudah menyebar di Spanyol dan tahun tersebut menjadi yang pertama kali berhasil diadakan di Eropa. Futsal semakin teratur dan terorganisir sehingga semakin maju dari segi fasilitasnya.
 
7. Pada tahun 1989
FIFA secara resmi memasukkan futsal sebagai satu bagian atau olahraga sepakbola. Pada tahun itu juga FIFA mengambil alih semua penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal.
Sejarah Perkembangan Olahraga Futsal Secara Singkat Sejarah Perkembangan Olahraga Futsal Secara Singkat Reviewed by Mujiono on 5:36 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.