Teknik Dasar Bola Voli

Sebelum melakukan suatu permainan hendaknya mengerti cara atau gerak dasar permainan tersebut. Bola voli merupakan permainan beregu yang setiap regunya terdiri atas enam orang dengan jenis kelamin yang sama. Kemampuan idividu/perorangan yang tinggi akan memudahkan untuk menggalang suatu kerjasama yang memberikan hasil baik yang bermutu dan baik.

Dalam permainan bola voli kita harus menguasai 3 masalah yang sangat penting diantaranya sebagai berikut :
1.Teknik penguasaan bola
2.Teknik permainan
3.Taktik permainan

Baca Juga" Macam-macam Formasi Bola Voli

Teknik melakukan servis
Waktu melakukan servis harus di perhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Konsentrasi untuk melakukan servis/pukulan
  2. Berlatih dan menyesuaikan diri untuk mengusahakan bola masuk
  3. Usahakan agar bola itu bisa keras dan cepat jatuh masuknya ke lapangan permainan
  4. Lihatlah dan pelajari dimana lawan kita yang terlemah,ke sanalah pukulan servis kita arahkan
  5. Ketahui posisi lemah lawan
Beberapa servis yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1.Servis dari bawah ( Underhand service )
Servis dilakukan dari bawah. Tangan yang akan memukul bola harus lurus dan kencang, siku jangan bengkok sampai bola terpukul lepas. Sedangkan tinggi bola yang akan dilepaskan oleh tangan kiri di sesuaikan dengan kebutuhan kita.

2.Servis gaya menyanping ( Side hand service )
Tangan yang akan memukul bola harus lurus dan tingginya sama dengan bahu kita,fokuskan pangdangan ke arah yang kita mau tuju.

3.Servis depan ( Front service )
Tangan yang akan memukul bola harus lurus sewaktu menyentuh bola. Servis atas merupakan servis yang relatif agak sulit, biasanya dilakukan oleh pemain yang mempunyai teknik dasar di atas pemula.


Cara melakukanya :
a.Sikap permulaan
Berdiri di belakang garis akhir menghadap ke lapangan permainan. Posisi kaki sejajar, bola di pegang dengan salah satu tangan kiri atau tangan kanan. Tangan pemukul boleh menggenggam atau dengan telapak tangan terbuka.

b.Gerakan pelaksanaanya
Langkahkan kaki kiri ke depan, lambungkan bola di depan pundak kiri ( untuk pemain bukan badan kidal ). Kemudian ayunkan lengan kanan dengan gerak melingkar ke arah bola sambil memindahkan berat badan ke kaki kiri.

Baca Juga" Permainan Bola Voli - Pengertian Bola Voli, Sejarah Bola Voli dan Teknik Dasar Bola Voli

4.Jumping servis ( Jump sevice )
Jumping Servis  merupakan servis yang relatif sulit, biasanya dilakukan oleh pemain yang mempunyai teknik tinggi/profesional. Tangan yang akan memukul bola harus lurus sewaktu menyentuh bola.

Cara melakukanya :
a. Sikap permulaan
Berdiri di belakang garis akhir menghadap ke lapangan permainan. Posisi kaki sejajar, bola di pegang dengan salah satu tangan kiri atau tangan kanan. Tangan pemukul boleh menggenggam atau dengan telapak tangan terbuka.

b. Gerakan pelaksanaanya
Lemparkan bola sesuai dengan tinggi lompatan dan jangkauan tangan kita. Tangan tetap lurus untuk memungkinkan  kerasnya pukulan.Langkahkan kaki kiri ke depan dengan lompatan,Kemudian ayunkan lengan kanan dengan gerak melingkar ke arah bola sambil memindahkan berat badan ke kaki kiri.

Teknik Dasar Bola Voli Teknik Dasar Bola Voli Reviewed by Mujiono on 9:58 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.