Teknik Dasar Cara Melakukan Smash / Roll Spike Dalam Sepak Takraw

Pengertian Smash / Roll Spike Dalam Olahraga Sepak Takraw

Pada saat bermain olahraga sepak takraw tentunya setiap tim ingin mendapatkan poin untuk memperoleh kemenangan. Untuk mendapatkan poin para pemain harus bisa bekerja sama dan berusaha agar bisa memasukan bola pada tim lawan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan poin yaitu dengan melakukan roll spike sehingga pemain lawan tidak bisa mengembalikan kembali bola yang sudah diterima. Roll spike adalah teknik smash gulung atau salto ke belakang dengan menendang bola dalam permainan sepak takraw.


Teknik ini sangat sulit untuk dilakukan oleh pemain sepak takraw pemula, akan tetapi jika pemain sepak takraw profesional maka teknik ini sangat efektif untuk melakukan serangan pada lawan sehingga lawan tidak bisa mengembalikan bola lagi.

Untuk bisa melakukan teknik smash ini  anda harus sering melakukan latihan, selain itu yang perlu dimiliki untuk berlatih teknik roll spike dalam sepak takraw adalah:
  • Memiliki keberanian yang cukup untuk melakukan putaran salto
  • Memiliki tekad dan keinginan yang kuat 
  • Pantang menyerah dalam berlatih (jatuh bangkit lagi) 
  • Selalu semangat dalam berlatih
Cara melakukan roll spike dalam sepak takraw:
  1. Jika kaki kanan yang akan digunakan untuk menendang bola maka tubuh dan kaki kiri diangkat ke atas terlebih dulu setinggi mungkin. 
  2. Kemudian diikuti kaki kanan diangkat keatas dan lakukan tendangan ke belakang bersamaan dengan badan dan dada digerakkan ke samping untuk persiapan mendarat. 
  3. Posisi tangan berada di atas, bisa di depan atau disamping dada.
Tips Melakukan Smash Roll Spike Pada Olahraga Sepak Takraw:

Bagi pemain pemula sebaiknya jangan langsung memaksakan diri untuk melakukan tendangan yang tinggi. karena jika tidak terbiasa maka akan berbahaya jika posisi jatuh tidak tepat. Sebaiknya mulai dari tendangan yang rendah terlebih dulu. Lakukan latihan seperti ini secara rutin 10-30 menit sehari sehingga apabila sudah terbiasa gerakan-gerakan salto anda akan sempurna. Mulailah pada tempat yang baik menurut anda, seperti diatas matras, di pasir, atau sebagainya, sehingga kalau jatuh tidak menimbulkan sakit atau cidera untuk anda. Yang terpenting yakin dan percaya diri kalau anda akan dapat menguasai teknik roll spike ini dengan baik.

Teknik Dasar Cara Melakukan Smash / Roll Spike Dalam Sepak Takraw Teknik Dasar Cara Melakukan Smash / Roll Spike Dalam Sepak Takraw Reviewed by Mujiono on 8:52 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.