Teknik Dasar Sepak Bola

Dalam perkembanganya diera jaman modern ini teknik dan ketrampilan sepak bola di bagi menjadi 3 (tiga) kategori teknik. Ada tiga jenis teknik permainan sepak bola yang harus di ajarkan kepada pemain. Istilah yang digunakan untuk menyebutkan teknik-teknik itu sangat bervariasi dan berbeda-beda. Khusus dalam ini saya gunakan singkatan FIG agar mudah di ingat.Berikut ini definisinya singkatan tersebut :

a.  Foundation (F) atau Teknik Dasar.
Teknik-teknik yang tergolong sebagaifondation (dasar) tersebut merupakan menu latian yang paling mendasar atau paling rendah tingkatanya. Latian-latian teknik itu ditujukan untuk pengembangan keterampilan dasar yang diperlukan oleh semua pemain, namun menu latian itu tidak ditujukan untuk menghadapi kondisi pertandingan yang sesungguhnya.Membangun dasa yang kokoh adalah keharusan. Layaknya orang membangun rumah, semakin kuat fondasinya,maka semakin besar dan bervariasi pula ukuran dan bentuk bangunan yang dapat didirikanya.Jadi ketrampilan dasar seperti itu jelas sangat dibutuhkan oleh para pemain.


Baca Juga" Teknik Mencetak Gol Pada Permainan Futsal

b. Intermediate (I) atau Teknik Lanjutan.
Teknik ini merupakan teknik lanjut atau tingkat menengah yang diprlukan untuk menciptakan relevansi antara ketrampilan dasar dengan ketrampilan-ketrampilan bermain yang sesungguknya.Teknik-teknik ini bukanlah teknik bermain yang sesungghnya, namun merupakan dasar yang diperlukan untuk mengembangkan ketrampilan bermain yang sebenarnya.

c. Game (G) Teknik Bermain.
Ketrampilan-ketrampilan bersepak bola yang sesungguhnya,yang diperlukan oleh setiap pemain sebelum mereka bebar-benar bertanding melawan tim lain.Teknik-teknik permainan ini menunjukkan cara membawakan diri di dalam pertandingan yang sesungguhnya.Beritahukan kepada pemain tentang teknik atau ketrampilan yang akan anda ajarkan,dan berikan alasan kepada pemain mengapa itu harus dilakukan,dan apa saja manfaatnya bagi pemain.

Baca Juga" Teknik Membangun Team Futsal

Penanaman Konsep Dasar

  1. Teranglkan kepada pemain tentang teknik atau ketrampilan yang akan mreka pelajari.
  2. Peragakan teknik atau ketrampilan yang harus mereka kuasai atau praktekkan.
  3. Perintahkan para pemain mempratekkan ketrampilan atau teknik tersebut,selagi mereka berlatih.Beri komentar seperlunya agar mereka dapat melaksanakannya dengan lebih baik dan benar.Anda dapat memberiaba-aba sederhana seperti “terus,jangan berhenti,” atau yang lebih komplek,misal”gelindingkan bola dengan jari kakimu,jangan ditendang.” Selama latihan berjalanlah mengelilingi para pemain dan berikan koreksi yang spesifik sambil terus menyemangati mereka. Anda dapat memompa smangat meraka dengan memberikan komentar seperti,”itu bagus,tapi kalao kalian melakukan dengan cara begini,pasti lebih mudah.” Jika pemain berhasil melakukanya dengan benar, Anda dapat memberikan pujian,” Bagus sekali,sempurna.” Atau “hebat!”. Dan jangan lupa menyebut nama mereka.
Teknik Dasar Sepak Bola Teknik Dasar Sepak Bola Reviewed by Mujiono on 9:27 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.