Peraturan Pertandingan Pada Olahraga Futsal

Lamanya Pertandingan Pada Olahraga Futsal

1. Periode Permainan
Pertandingan berlangsung selama 2 babak.Setiap babak di langsungkan selama 20 menit,tetapi waktu ini bias saja lebih karena untuk memberikan waktu dilakukannya.Tendangan penalti atau tendangan bebas langsung jika terjadi lebih dari lima kesalahan.

2.Waktu Time Out
Setiap tim mempunyai hak untuk meminta time out satu menit setiap babak.Situasi di bawah ini dapat untuk meminta time out.
  1. Ofisial tim diberi waktu untuk meminta tim out kepada wasit selama satu menit.
  2. Time out dapat di minta kapansaja,tetapi time out diizinkan apabila timnya sedang memegang bola.
  3. Wasit akan memberikan izin time out ketika bola tidak di mainkan dengan bunyi yg berbeda.
  4. Ketika time out diberikan,setiap pemain tidak boleh keluar lapangan.
  5. Ketika ofisial ingin memberikan intruksi kepada pemain,ofisial tidak di izinkan masuk ke dalam lapangan tetapi hanya di izinkan di pinggir lapangan.
  6. Tim yang tidak meminta time out pada babak pertama,maka hanya berhak satu kali meminta time out pada babak kedua.
3.Waktu Istirahat
Waktu istirahat diberikan selama tidak lebih dari 15menit.

Keputusan
  1. Jika pencatat waktu tidak ada,maka ofisial bisa meminta time out kepada wasit.
  2. Jika peraturan kompetisi menetapkan perpanjangan waktu di akhir waktu normal,maka tidak ada timeout pada waktu perpanjangan waktu.

Memulai Pertandingan Futsal Kembali

1. Permulaan dan Memulai Lagi Pertandingan
Untuk pemilihan tempat,diadakan suatu undian dengan cara melemparkan koin.Tim yang menang dalam lemparan koin akan memilih lapangan yang mana.Tim yang lain memulai kick off.Untuk babak yang kedua,tim yang pertama memilih tempat dipersilakan untuk menendang bola lebih dahulu.

2. Kick Off
Kick Off adalah cara memulai dalam pertandingan.ini di lakukan baik akan mulai pada babak pertama maupun babak kedua,serta perpanjangan waktu normal.Gol dapat dicetak langsung dari titik kick off.

Baca Juga: Tugas, Wewenang, Keputusan dan Teknik Wasit Memimpin Pertandingan

3. Prosedur Permainan Dimulai
  1. Seluruh pemain berada dalam lapangannya sendiri,sedangkan tim yang lain harus berdiri disisi lapangan yang lain dengan jarak 3m dari posisi bola.
  2. Bola di tempatkan di tengah titik lapangan.
  3. Bola harus melewati garis tengah lapangan.
  4. Penendang pertama tidak boleh menyentuh bola sebelum bola menyentuh kaki pemain lain.Setelah ada tim yang menciptakan gol,kick off dilakukan oleh tim yang lain.
4. Pelanggaran atau Sanksi
Didalam permainan futsal juga mengenal adanya sanksi.Sanksi diberikan pada seorang pemain apabila terjadi hal-hal sebagai berikut.
  1. Jika penendang menyentuh bola untuk yang kedua kalinya sebelum bola tersentuh oleh pemain lain,maka tendangan bebas tidak langsung di berikan kepada tim lawan ditempat dimana pemain melakukan kesalahan.
  2. Jika pelanggaran dilakukan oleh pemain di area penalti lawan,maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan di daerah penalti yang dekat daerah tempat pelanggaran.
  3. Untuk setiap pelanggaran dalam prosedur kick off,kick off harus di ulang 
5. Menjatuhkan Bola
Wasit akan menjatuhkan bola untuk menandai permainan dapat dilanjutkan kembali setelah ada penghentian sementara.Penghentian tersebut karena suatu alas an yang oleh peraturan tidak ada,dengan catatan apabila bola tidak keluar dari garis samping atau garis gawang.

Baca Juga: Peraturan Olahraga Futsal Terbaru

6. Prosedur Menjatuhkan Bola Kembali
Wasit harus menjatuhkan bola kembali di area dimana permainan tadi dihentikan.Sama dengan apabila ini terjadi di area penalti.Karena ini bukan suatu pelanggaran,bola tidak di jatuhkan dititik penalti,tetapi dijatuhkan di tempat dimana saat pertandingan dihentikan.

7. Pelanggaran Atau Sanksi
Bola dijatuhkan kembali apabila :
  1. Disentuh pemain sebelum menyentuh lapangan,
  2. Meninggalkan lapangan sebelum terbentur tanah tanpa ada pemain yang menyentuhnya
Bola di Dalam dan di Luar Permainan

Bola di nyatakan diluar permainan apabila bola telah melewati garis samping atau garis gawang,baik itu di tanah atau melayang,atau kalau permainan didalam ruangan bola  menyentuh langit-langit bangunan.Bola dalam permainan lagi apabila memantul dari tiang gawang atau palang gawang didalam lapangan atau bola memantul dari wasit ketika wasit didalam lapangan.

Keputusan
Ketika permainan dilakukan di dalam ruangan,apabila bola menyentuh langit-langit,maka permainan di ulangi lagi dengan cara melakukan tendangan ke dalam atau diberikan pada tim lawan,dan bertempat di bawah langit-langit dimana bola terkahir bola menyentuh langit-langit ruangan.

Cara Mencetakan Gol
Bola dinyatakan gol apabila telah melewati garis gawang,antara garis gawang dan tiang gawang, terkecuali bola dilempar,dibawa,atau dengan tidak sengaja didorong dengan tangan(termasuk penjaga gawang).Sebuah tim dinyatakan menanag apabila mencetak gol lebih banyak.Apabila kedua tim sama banyak dalam mencetak gol,maka permainan dikatakan imbang,berarti tidak ada pemenangnya.

Keputusan
  1. Tim dikatakan sebagai pemenang apabila mencetak gol lebih banyak.apabila kedua tim sama banyak mencetak gol atau sama sama tidak mencetak gol,berarti berakhir dengan imbang
  2. Prosedur berikutnya adalah apabila pertandingan berakhir imbang,maka diadakan perpanjangan waktu,atau gol kandang dapat mempengaruhi kemenangan.
Peraturan Pertandingan Pada Olahraga Futsal Peraturan Pertandingan Pada Olahraga Futsal Reviewed by Mujiono on 12:39 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.