Tugas, Wewenang, Keputusan dan Teknik Memimpin Wasit dalam Olahraga Futsal

Siapa Wasit?

Wasit adalah orang yang memipin pertandingan dalam olahraga. Setiap pertandingan olahraga selalu dipimpin oleh seorang wasit. Wasit mempunyai wewenang penuh, dibantu oleh wasit kedua, pencatat waktu, dan wasit ketiga.

Wewenang Wasit

Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit, Dia mempunyai wewenang penuh untuk menerapkan dan menegakan peraturan permainan selama waktu permainan berlangsung.


Tugas dan Otoritas Wasit
  1. Menegakan aturan pemain
  2. Mencatat hasil akhir guna bahan laporan pertandingan,termasuk juga dalam memberikan hukuman, baik itu kepada setiap pemain maupun ofisal serta insiden yang terjadi sebelum, selama,atau sesudah pertandingan selesai.
  3. Membiarkan pertandingan berlanjut ketika terjadi pelanggaran pada selain tim, tetapi pada saat yang sama tim yang lain mempunyai kesempatan untuk mencetak gol. Tim yang membuat pelanggaran akan mendapat hukuman jika tim yang dilanggar gagal memaksimalkan untuk membuat gol.
  4. Juga bertindak sebagai pencacat waktu bila ofisial yang ditunjuk berhalangan
  5. Menghentikan, menunda, atau mengakhiri pertandingan apabila ada hal-hal yang melanggar peraturan atau campur tangan dari pihak luar
  6. Memberikan peringatan atau kartu kuning kepada pemain yang melakukan pelanggaran atau mengeluarkan pemain apabila melakukan pelanggaran berat
  7. Mengusir ofisial yang tidak berperilaku sopan atau protes
  8. Menjamin bahwa tidak ada seorangpun yang berkepentinagn yang boleh masuk
  9. Menghentikan pertandingan jika ada seorang pemain yang luka parah dan memastikan pemain sudah dibawa keluar lapangan
  10. Melanjutkan kembali permainan apabila pemain hanya cidera ringan
  11. Memastikan bahwa bola yang digunakan  sudah sesuai dengan peraturan 2.
Baca Juga: Peraturan Olahraga Futsal Terbaru

Keputusan Wasit
  1. Jika wasit dan wasit kedua sama-sama mengeluarkan sinyal kesalahan bersama – sama dan terjadi ketidak setujuan terhadap tim yang diberi hukuman maka keputusan ada di wasit.
  2. Wasit dan wasit kedua mempunyai hak untuk memperingatkan atau mengeluarkan pemain. Apabila ada tidak kesetujuan, maka keputusan wasitlah yang dibenarkan.
Peraturan 6

Wasit kedua
Wasit kedua diberi wewenang untuk menjalankan tugasnya di lapangan dengan posisi berlawanan arah dengan wasit.Wasit kedua juga menggunakan peluit.
Wasit kedua membantu wasit untuk mengawasi pertandingan sesuai dengan peraturan permainan. Wasit juga memiliki wewenang  sebagai berikut :
  1. Menghentikan permainan dalam setiap pertandingan
  2. Memastikan pergantian pemain dijalankan sesuai dengan peraturan.
Keputusan
Dalam pertandingan-pertandingan yang bertaraf internasional penggunanan wasit kedua merupakan suatu keharusan.

Baca Juga: Perbedaan Olahraga Sepakbola dan Futsal

Peraturan 7

Tugas dan kewajiban
Seorang pencatat waktu dan wasit ketiga sangat diperlukan. Mereka bertempat atau duduk di sisi luar lapangan  yang berada di sisi tempat pergantian pemain. Juga diberikan perlengkapan seperti arloji, kertas, dan bollpoin untuk menulis jumlah pelanggaran yang terjadi.

Pencatat waktu
Pencatat waktu mempunyai tugas untuk memastikan bahwa durasi permainan sesuai dengan peraturan  yang berlaku, yaitu :
  1. Mengaktifkan waktu atau arloji  setelah pertandingan dimulai
  2. Menghentikan jam ketika permainan/bola tidak dalam permainan
  3. Memulai kembali permainan setelah tendangan kedalam, terjadi gol, tendangan sudut, tendangan bebas, tendangan penalti, waktu untuk keluar, waktu time out
  4. Memeriksa untuk waktu time out satu menit
  5. Menghitung tepat dua menit waktu menghukum pemain dengan kartu merah
  6. Menujukan akhir babak pertama dan babak kedua, akhir perpanjangan waktu, akhir dari time out dengan menutup peluit yang berbeda dengan yang digunakan wasit
  7. Mencatat seluruh waktu time out yang tersisa bagi masing-masing tim, member tahu pada wasit dan tim dengan cara yang benar, serta member izin untuk time out ketika diminta pelatih dari kedua tim
  8. Mencatat lima kesalahan pertama yang dilakukan oleh masing-masing tim dalam paruh atau babak pertama dan member sinyal kepada salah satu  tim yang telah melakukan lima kali kesalahan.
Wasit ketiga
Wasit ketiga mempunyai tugas untuk membantu petugas pencatat waktu
  1. Mencatat lima kesalahan pertama yang dilakukan  oleh masing-masing pemain disetiap babak dan member tanda-tanda kalau kesalahan kelima sudah dilakukan olah salah satu tim
  2. Mencatat penghentian pemain  dan alasan-alasanya
  3. Mencatat nomoer pemain yang mencetak gol
  4. Mencatat nama serta nomor pemain yang pernah diperingatkan atau keluar
  5. Menyediakan informasi mengenai pertandingan
Jika terjadi suatu kesalahan, maka wasit ketiga akan dibebas tugaskan dan mencari penggantinya, serta melaporkan kepada pihak-pihak yang berwenang. Jika terjadi cidera pada pemain, maka wasit kedua dapat  mengambil alih tugas wasit ketiga.

Keputusan
  1. Untuk pertandinagn internasional,penggunaan wasit ketiga dan pencatat waktu adalah merupakan suatu kewajiban.
  2. Jam pencatat waktu harus sesuai dengan fungsi-fungsi yang diperlukan (pencatat waktu yang tepat, alat untuk menulis sewaktu menghukum dua kali menit bagi pemain secara simultan, serta memantau kesalahan dari semua anggota tim).
Tugas, Wewenang, Keputusan dan Teknik Memimpin Wasit dalam Olahraga Futsal Tugas, Wewenang, Keputusan dan Teknik Memimpin Wasit dalam Olahraga Futsal Reviewed by Mujiono on 9:46 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.