Peran dan Tugas Tekong Dalam Olaraga Sepak Takraw

Pengertian Tekong Dalam Permainan Sepak Takraw

Anda penggemar permainan olahraga sepak takraw? jika iya pastinya anda sering mendengar istilah tekong. Tekong sebenarnya bukan bahasa asli dari Indonesia karena istilah tekong berasal dari negara asli dimana sepak takraw pertama kali dimainkan. Pada perrmainan olahraga sepak takraw akan terdiri dari 2 regu, dimana masing-masing regu terdiri dari 3 pemain, dan setiap regu/ tim mempunyai 1 orang pemain cadangan. Satu pemain yang berdiri di posisi belakang disebut tekong yang berperan sebagai penyepak bola pertama untuk memulai permainan (pelaku servis). Sedangkan 2 pemain yang berada di depan disebut apit kiri dan apit kanan.

http://www.tutorialolahraga.com/2016/11/peran-tekong-sepak-takraw.html

Peran dan Tugas Tekong Dalam Permainan Sepak Takraw

Apakah peran dan tugas seorang tekong dalam olahraga sepak takraw? Tekong memiliki peran yang sangat penting dalam permainan olahraga sepak takraw, yaitu sebagai penendang bola servis atau penendang bola pertama dalam perebutan 1 poin. Meskipun fungsi utama melakukan servis adalah untuk memulai permainan, namun juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan serangan pertama. Jadi seorang tekong juga dituntut untuk dapat melakukan service dengan baik, yaitu mampu melewati net dan masuk ke dalam area permainan lawan dengan cepat, keras, dan terarah. Dengan servis yang dilakukan tekong keras dan terarah akan menyulitkan pihak lawan untuk mengembangkan permainan atau serangannya.

Selain itu, posisi tekong yang berada di belakang pertahanan juga menuntut tekong untuk dapat menjadi pemain bertahan atau libero bagi sebuah tim sepak takraw. Oleh karena itu seorang tekong juga harus menguasai dasar-dasar pertahanan yang bagus. Kemampuan bertahan dari tekong juga sangat berpengaruh bagi sebuah tim untuk meraih kemenangan.
 
Peran dan Tugas Tekong Dalam Olaraga Sepak Takraw Peran dan Tugas Tekong Dalam Olaraga Sepak Takraw Reviewed by Mujiono on 8:32 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.