Teknik Dasar Olahraga Renang

Teknik Dasar dalam Olahraga Renang

Dalam belajar renang, kita akan berhubungan dengan suatu media, yaitu air, hal ini sangat berbeda apabila dibanding dengan cabang-cabang olahraga lain, dimana medianya adalah tanah( lapangan ) atau udara di sekitarnya . seorang siswa dalam seorang atletik nomor lari 50 m dapat berlari dengan cepat karena tahanan(hambatan) yang dilawannya dalam berlari adalah udara (angin) . tahanan dalam berlari ini kecil sekali, sangat lain apabila siswa tersebut berlarimdi kolam renang yang ke dalamannya 1 m  maka ia akan sukar berlari , larinya lambat dan tesara berat sekali karena tahanan yang dihadapinnya dalam berlari adalah air.

Pada benda yang bergerak  di dalam air akan dipengaruh oleh tahanan depan, yaitu air yang menahan di depan benda tersebut. Makin besar tahanan  di depannya, makin berat benda tersebut bergerak maju, sebalik nya makin kecil tahanan yang dihadapinya, maka cepat benda tersebut bergerak maju. Hal ini dapat kita lihat pda contoh di bawah ini.


Baca Juga" Macam-macam Jenis Olahraga Aquatik

Dua kapal barang yang sama jenisnya, sama besarnya (volumennya) sama beratnya dan keduannya mempunyai tenaga yang sama. Kapal a dalam keadaan kosong tidak ada muatannya, sedang kapal b bermuatan penuh (maksimal). Kapal, a  yang tidak bermuatan akan cepat bergerak maju, sedangkan kapal b yang bermuatan penuh akan lambat jalannya. Hal ini disebabkan oleh kapal b mendapat tahanan depan jauh lebih besar , dari pada kapal a. Prinsip tahanan  depan ini sangat penting bagi anda dalam mempelajari renang.

Dalam mempelajari renang harus kita pehatikan hukum-hukum dan dalil –dalil  yang berlaku terhadap benda yang bergerak  di dalam air, antara lain hukum newton , hukum archimedes , hukum capilair.

Tahanan dan dorongan 

Setiap saat orang perenang bergerak maju di dalam air selalu tergantung pada dua kekuatan. Kekuatan yang pertama adalah kekuatan yang menahan perenang untuk bergerak maju yang disebut tahanan, kekuatan tahanan ini disebabkan oleh air didepan perenang yang menahannya untuk majun ke depan. Sedangkan kekuatan yang kedua adalah kekuatan yang menyebabkan perenang  bergerak maju yang disebut dorongan, kekuatan dorongan ini disebabkan atau dihasilkan  oleh gerakan lengan dan gegrakan kaki dalam berenang.
Dengan adanya dua kekuatan yang berpengaruh terhadap gerakan ke depan darin perenang maka seorang perenang dalam usahannya untuk dapat berenang lebih cepat atau lebih baik, haruslah iya berbuat sebagai  berikut.

1. Mengurangi Tahanan

Hal ini dapat kita lihat dalam dua orang perenang yang mempunyai bentuk tubuh dan kemampuan berenang yang sama, kedua perenang ini juga mempunyai dorongan yang sama . perenang pertama  berenang dengan tahanan yang besar , sedangkan perenang kedua dengan yahanan yang kecil maka perenang kedua akan lebih cepatb dan perenang yang pertama.

2. Menambah Dorongan

Hal ini dapat kita lihat pada dua orang perenang yang mempunyai bentuk tubuh yang sama dan kemampuan berenang yang sama,   akan berenang lebih kedua perenang ini juga mempunyai tahanan yang sama. Perenang pertama berenang dengan dorongan yang besar , sedangkan perenang kedua berenang dengan dorongan yang kecil maka perenang pertama akan berenang lebih cepat daripada perenang kedua.

3. Mengurangi Tahanan dan Sekaligus Menambah Dorongan 

Hal ini dapat kita lihat pada kedua orang yang mempunyai kedua bentuk tubuh yang sama, dan kemampuan berenang yang lama. Perenang pertama berenang dengan tahanan yang kecil dan dorongan yang besar, sedangkan perenang kedua berenang dengan tahanan yang besar dan dorongan yang kecil maka perenang pertama jauh lebih cepat daripada perenang kedua.

Teknik Dasar Olahraga Renang Teknik Dasar Olahraga Renang Reviewed by Mujiono on 8:15 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.