Teknik Menjaga Ketahanan Badan Dalam Olahraga Renang

Teknik Menjaga Ketahanan Badan Dalam Berenang

Dalam berenang kita mengenal adanya 3 macam tahanan

1. Tahanan depan 
Tahanan depan adalah tahanan yang secara langsung  menahan badan perenang . tahanan ini disebabkan oleh air di depan berenang.  Tahanan ini sangat perlu kita perhatikan karna tahan depan ini adalah tahanan yang sangat berpengaruh dalam teknik gaya renang.

2. Tahanan geseran air
Tahanan geseran air disebabkan oleh gerakan air yang melewati atau melalui tubuh perenang. Air yang menggeser badan perenang ini mengahasilkan hambatan atau tahanan bagi perenang. Tahanan ini sangat kecil oleh sebab itu di dalam melakukan  teknik gaya renang kita tidak perlu memerhatikan tahanan ini. Tahanan geseran air dapat dilihat pada benda-benda yang bergerak sangat cepat di air , misalnya perahu motor atau perahu balap. Pada benda yang bergerak cepat di air tersebut.
Lapisan permukaan yang berhubungan dengan air di buat datar dan licin sekali sehingga geserannya dengan sangat lancar dan mulus.

Tahanan geseran air tidak perlu diperhatikan dalam teknik gaya renang, hal ini pernah diadakan penelitian oleh negara yang sangat maju dalam dunia renang , yaitu amerika serikat. Seorang perenang kenamaan amerika serikat menjadi orang coba untukpenelitihan pngaruh tahanan geseran air,  terhadap prestasi renang demi kemajuan ilmu pengetahuan.

Perenang tersebut di cukur seluruh rambutnya: rambut kepala,rambut pada kumis, rambut pada jambang, rambut pada dada, rambut pada lengan nya, dan rambut pada kakinya. Oleh karena itu kebanyakan orang amerika pada tubuh , kaki dan lengannya berambut lebat.

Baca Juga" Macam-macam Jenis Olahraga Aquistik

Dalam keadaan licin/klimis perenang tersebut mencoba memperbaiki waktunya. Penelitihan ini dilakukan beberapa kali,  hasilnya ternyata tidaklebih baik darinpada keadaan perenang tersebut berambut.mengapa demikian? Secara teori, seharusnya perenang tersebut berenang lebih  cepat karena tahanan geseran air menjadi lebih kecil,  namun dalam kenyataanya berenang tanpa rambut di kulit menjadi sangat lain, risi, geli. Dengan adanya psikologis dari pencukuran rambut maka hasilnya sama saja,malahan mungkin lebih jelek.


3. Tahanan Pusaran Air
Tahanan pusaran air adalah tahanan yang disebabkan oleh air yang tidak cepat mengisi di belakang bagian-bagian yang kurang datar sehingga badan harus menarik. Jumlah molekul, air dalam gerakan majunya, atau boleh dikatan molekul-molekul air, menarik badan perenang dalam gerakan majunya.

Di dalam renang, posisi badan perenang  di dalam air dapat di ubah sedemikian rupa sehingga mendapat bentuk yang mempunyai tahanan yang sangat kecil. Bentuk atau posisi badan demikian tersebut sream line (garis arus), yaitu posisi atau bentuk yang sangat dadar atau sejajar dengan permukaan air sehingga tahanan depan menjdai kecil. Berikut ini adalah dua macam gambar, yang terletak di sebelah kiri memperlihatkan bentuk-bentuk tidak stream line(tidak datar) sehingga menghasilkan tahanan depan yang kecil terletak di sebelah kanan.

Di sebelah kiri adalah gambar mobil yang berbentuk persegi, bentuk demikian ini sewaktu bergerak di darat akan mendapat tahanan depan dan tahanan pusaran dari angin  cukup besar sehingga kecepatannya akan berkurang. Sedangkan di sebelah kanan adalah gambar mobil yang berbentuk runcing, bentuk yang bergerak demikian sewaktu bergerak di darat akan mendapatkan tahanan depan dan tahanan pusaran dari angin sedikit sekali sehingga mmobil mampu melaju dengan cepat.
Di sebelah kiri adalah sikap badan gaya renang gaya bebas yang kurang stream line(kurang datar) hingga mendapatkan tahanan depan dan tahanan pusaran dari air yang besar pada badan dan padha hingga sulit untuk bergerak maju, sedang di sebalah kanan adalah sikap badan pada ranang gaya bebas renang stream line(datar) sehingga tahanan depan dan tahanan pusaran dari air menjadi kecil sehingga renangnya lebih cepat.

Baca Juga" Teknik Dasar Olahraga Renang

Di sebelah kiri adalah sikap badan pada renang gaya dada yang tidak stream linesehingga mendapatkan tahanan dari depan,yaitu tahanan depan dan tahanan pusaran dari air yg cukup besar,terutama pada dada dan paha sehingga renangnya menjadi berat dan lambat, sedang disebelah kanan adalah sikap badan pada renang gaya dada yang stream linesehingga tahanan depan dan tahanan pusaran dari air menjadi kecil sehingga renangan menjadi ringan dan dapat melaju dengan cepat.

Di sebelah kiri adalah sikap badan pada renang gaya punggung yang kurang stream linesehingga mendapatkan tahanan depan dan tahanan pusaran air terutama pada punggung dan kaki yang cukup besar sehingga renangan menjadi berat dan lambat, sedang sebela kanan adalah sikap badan pada renang gaya punggung yang stream linesehingga tahanan depan dan tahanan pusaran dari air menjadi kecil sehingga renangnya menjadi ringan dan dapat melaju dengan cepat.

Di sebelah kiri adalah sikap badan pada renang gaya kupu-kupu yang kurang strean line sehingga mendapatkan tahanan depan dan tahanan pusaran air yang cukup besar, hal ini akan mengakibatkan renangan menjadi berat dan lamban. Sedang di sebelah kanan adalah sikap badan pada renang gaya kupu-kupu yang stream line, sehingga tahanan depan dan tahanan pusaran air akan menjadi kecil mengakibatkan renangan menjadi ringan dan cepat. Di samping tahanan pada bidang yang vertikal (atas dan bawah) sebagaimana tersebut di atas, masih ada tahanan dari depan pada bidang yang horizontal (kiri dan kanan).

Badan perenang juga dapat menciptakan tahanan depan yang bestir melalui posisi yang kurang stream linepada bidang horizontal (kaki kiri dan kanan),yaitu apabila pundak(pinggul) dari kaki perenang bergoyang ke kiri dan ke kanan sehingga renanganya tidak lurus tetapi berbelok ke kiri dan ke kanan. Tahanan depan akan menjadi besar sehingga renangan menjadi lambat. Renang dengan sikap badan berbelok ke kiri dan ke kanan, di samping tahanan depan pada bidang horizontal menjadi besar, jarak renanganya pun akan menjadi jauh. Hal yang paling baik adalah berenang dalam sikap badan lurus sehingga menghasilkan renangan yang lurus, dengan demikian tahanan pada bidang horizontal menjadi kecil.

Teknik Menjaga Ketahanan Badan Dalam Olahraga Renang Teknik Menjaga Ketahanan Badan Dalam Olahraga Renang Reviewed by Mujiono on 8:24 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.