Pengertian Teknik Rebound dalam Permainan Bola Basket

Pengertian Teknik Rebound dalam Permainan Bola Basket 

Teknik Rebound merupakan  suatu istilah yang digunakan dalam cabang olahraga dalam permainan bola basket dimana seseorang pemain menangkap atau mendapatkan bola dari bola yang memantul pada saat bola tersebut gagal masuk ke ring pada saat ditembakkan oleh pemain lain. Teknik rebound ini sangat bagus efektif  jika dimanfaatkan dan dipergunakan oleh pemain yang mempunyai postur yang tinggi dan berada posisi yang dekat dengan ring basket.

Macam Teknik Rebound dalam Permainan Bola Basket

Rebound dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu Offensive Rebound dan Defensive rebound. Offensive rebound terjadi jika pemain mendapatkan bola pantul dari tembakan teman satu tim yang gagal masuk ke dalam ring. Sedangkan Defensive rebound adalah jenis rebound dimana pemain mendapatkan bola pantul dari tembakan pemain lawan yang gagal memasukkan bola ke ring.
Dalam permainan bola basket juga ada istilah yang dinamakan “Team Rebound”, yaitu jumlah keseluruhan rebound yang dilakukan oleh satu tim dalam suatu pertandingan. Dan istilah rata-rata jumlah rebound yang dilakukan seorang pemain dalam setiap pertandingan disebut RPG (Rebound Per Game).
http://www.tutorialolahraga.com/2018/03/pengertian-rebound-bola-basket.html

Beberapa Bentuk Cara Latihan Yang digunakan Untuk Melatih Rebound

Agar seorang pemain dapat memanfaatkan bola rebound dengan baik diperlukan bentuk-bentuk latihan yang perlu dilakukan. Adapun bentuk latihan tersebut antara lain

1. Latihan Menyentuh Ring Rasket
Latihan Menyentuh Ring Rasket dilakukan agar dapat membuat lompatan yang lebih eksplosif dan tepat pada sasaran. Cara melakukan latihan ini sangatlah mudah, cukup dengan melompat setinggi mungkin sambil menyentuh ring basket. Anda bisa memberi sedikit variasi latihan agar tidak membosankan.

2. Latihan Tips
Latihan Tips dilakukan dengan cara memantulkan bola terlebih dulu sebanyak 5 kali menggunakan tangan kiri sambil melompat kemudian untuk pantulan bola yang terakhir bisa diteruskan dengan shooting langsung ke ring. Setelah itu lakukan latihan yang sama dengan telapak tangan kanan. Saat latihan pengontrolan bola harus baik.

3. Latihan Box Out
Cara melakukan latihan box out dapat dengan meminta bantuan 2 orang pemain lagi. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu dengan 2 orang berhadapan di bawah ring untuk saling memperebutkan bola rebound. Sedangkan 1 orang melakukan tembakan ke ring, saat bola tidak masuk, bola pantul tersebut bisa jadi rebutan oleh 2 orang pemain yang berada di bawah ring. Dan pemain yang mendapatkan bola bisa melakukan shooting langsung ke ring atau melakukan gerakan pivot untuk melindungi bola.

Pengertian Teknik Rebound dalam Permainan Bola Basket Pengertian Teknik Rebound dalam Permainan Bola Basket Reviewed by Mujiono on 8:17 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.